• AddressJl. Gatot Subroto No.100
  • Emailfikesummetro@gmail.com
  • Contact(0725) 42445-42

Kuliah Umum FIKES UM Metro Angkat Tema Kebijakan Kesehatan dan Universal Health Coverage

Kuliah Umum FIKES UM Metro Angkat Tema Kebijakan Kesehatan dan Universal Health Coverage

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah (UM) Metro gelar kuliah umum dengan tema “Kebijakan Kesehatan dan Universal Health Coverage” pada Kamis, 27 Oktober 2022 di aula gedung H kampus III.

Pada kesempatan ini, Dekan FIKES UM Metro Dr. Achyani, M.Si. menekankan pentingnya prinsip perkuliahan yang bermakna.

“Yaitu mengkaitkan konsep dan teori di dalam kelas dengan realitas sekitar agar mahasiswa melek dengan permasalahan di sekitarnya,” terangnya.

Menurutnya kuliah umum ini juga sangat bermakna bagi mahasiswa dalam menjalankan peranan mereka.

“Dan juga, perlunya menghadirkan best practices atau pelaku baik di bidang yang relevan dengan keilmuan yang sedang ditekuni mahasiswa agar mengarah ke Link and Match, serta pentingnya membangun jejaring dengan lembaga-lembaga yang akan menjadi tempat berkiprah mahasiswa ketika lulus nanti,” tambahnya.

Sementara Ketua panitia pelaksana kuliah umum ini dr. Meyfiane Angmawaty Fadlililah, MARS M.H. menyatakan bahwa kuliah umum sangatlah penting di era gencarnya permasalahan kesehatan di mana masalah kesehatan saat ini merupakan faktor masalah seluruh kota bahkan negara dan dunia.

“dr. Erla merupakan kepala Dinas Kesehatan Kota Metro dengan berbagai pengalamannya dari tahun 1990 hingga saat ini sudah memegang peran penting di dunia kesahatan di Lampung. Kita bisa menerima ilmunya dalam penerapan kebijakan kesehatan dan jaminan kesehatan atau UHC yang sudah diaplikasikan di lapangan sesuai nyata dan fakta, kita sebagai akademika dosen dan mahasiswa perlu mengetahui hal-hal tersebut baik teori dan di lapangan dalam cara penyelesaian masalah kesehatan,” kata dr. Meyfiane.

Kuliah umum yang dimoderatori dr. Fitri Yuli Mayasari, MARS ini turut dihadiri oleh dekan FIKES, staf-dosen ARS, dan Fisioterapi, peserta sekitar 80 mahasiswa semester 1 dari mahasiswa S1 administrasi rumah sakit dan D3 fisioterapi.

(Fajri)